Friday 24 August 2018

Pengertian, Kelebihan, Dan Kekurangan Opera Mini


Pengertian

Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.


Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh peramban web lainnya. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar peramban komputer pribadi di seluruh dunia. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, ponsel pintar, dan personal digital assistant. Berbagai edisi Opera dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan Maemo, BlackBerry, Symbian, Windows Mobile, Android, dan sistem operasi iPhone, serta Java ME. Sekitar 120 juta ponsel telah dipasarkan dengan browser Opera di dalamnya. Opera adalah satu-satunya penjelajah web komersial yang tersedia untuk Nintendo DS dan Wii. Beberapa televisi memiliki browser Opera dalam set-top box atau kotak pengaturannya. Adobe Systems memiliki lisensi teknologi Opera untuk digunakan dalam Adobe Creative Suite.


Kelebihan

1.Resource memory yang kecil, sehingga ringan dan lebih cepat saat melakukan startup
Opera browser merupakan salah satu browser dengan resources yang sangat ringan. Mirip seperti google Chrome, Opera menawarkan pengalaman berinternet dengan proses startup yang cepat, serta konsumsi memory yang lebih kecil paabila dibandingkan dengan beberapa jenis browser lainnya.
Sangat cocok untuk diaplikasikan dan diinstall pada komputer dengan spesifikasi rendah, termasuk juga sangat cocok untuk diaplikasikan pada telepon genggam yang tidak menggunakan platform java ataupun yang tidak menggunakan sistem operasi. Dengan kelebihan yang satu ini tidak akan mengganggu kinerja komputer yang memiliki spek rendah, termasuk pada RAM komputernya.
2. Suport javascrip dan rss feed.
Bagi sebagian orang membuka mode desktop (pc) dalam browser handphone adalah penting, maka browser inilah yang cocok karena Opera browser ini dapat menampilkan mode desktop tanpa kendala.
3. Memiliki kecepatan loading dan render cepat dibandingkan dengan browser lain
Salah satu keungguan yang dimilki oleh opera mini adalah kecepatan pengolahan situs, render dan loading yang cepat. Bisa dibandingkan dengan browser – browser lainnya, opera mini merupakan salah satu browser yang cepat, dan memiliki rating tertinggi dari segi utilitas dan fungsi dibandngkan dengan browser lainnya.
4. Navigasi yang mudah dan nyaman.
Saat anda menggunakan Opera mini anda akan di buat nyaman saat melakukan jelajah web dengan fitur navigasi yang sangat mudah di operasikan dan nyaman untuk kebutuhan browsing anda.
5. Memiliki fitur keamanan yang lengkap
Bagi anda yang membutuhkan rasa aman pada saat melakukan browsing dan surfing internet, maka user bisa menggunakan Opera Browser. Opera Browser memiliki banyak fitur keamanan, termasuk dantaranya adalah proteksi terhadap virus dan malware juga memiliki manajemen penggunaan data yang bisa diatur secara manual.
User bisa mengatur apakah anda akan meloading seluruh halaman situs atau tidak dengan menggunakan Opera Browser. Hal ini juga dapat menjaga keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk browsing serta data-data terkait.
6. Manager download.
Fitur ini membantu mengelola unduhan anda dan sebagai alat bantu unduh anda, jadi anda bisa mendownload vidio yang sedang anda lihat meskipun tidak terdapat tombol download dalam situs tersebut.
7. Proses pemblokiran dari sebuah situs lebih mudah dan juga praktisAnda ingin memblokir sebuah situs yang menurut anda sangat mengganggu dan tidak pantas? Opera dapat melakukannya dengan sekali klik. Proses pemblokiran pada sebuah halaman situs dan website menjadi sangat mudah dengan menggunakan opera browser. Anda hanya perlu klik kanan pada halaman yang ingin anda blokir, lalu pilih lah block this page.

Kekurangan
1. Konsumsi ram tinggi.
Yang paling menonjol dari Opera mini adalah daya konsumsi ram yang lumayan tinggi akan menjadikan kendala bagi beberapa handphone.

2. Belum support gambar gerak.
tidak bisa mendapatkan fitur gambar gerak jika menggunakan Opera mini karena Opera mini belum suport gambar gerak.

3. Clipboard yang terbatas.Saat anda menggunakan Opera mini dan ingin menyimpan beberapa teks dalam jumlah yang banyak anda tidak akan menemukan fitur ini. karena Opera mini hanya akan menyimpan data yang di simpan saat terakhir.

1 comments:

LOVELYZ TRILOGY said...

ok min , makasih banyak sudah share
lem touchscreen