Wednesday 26 December 2018

Tips Merawat Flashdisk Agar tidak Mudah Rusak



Flashdisk merupakan media penyimpanan yang bisa dikatakan sangat penting untuk sekarang ini. Dimana zaman sudah digerus oleh canggihnya teknologi yang pastinya berbeda dengan kondisi zaman sebelumnya. Merawat salah satu media penyimpanan yaitu flashdisk ini bisa dikatakan mudah tetapi banyak orang yang menganggap sepele namun akhirnya dapat menyebabkan rusaknya data yang ada didalam flashdisk tersebut. Kemudian banyak pula orang yang menyalahkan flashdisknya padahal merekalah yang sebenarnya salah karena kurang mampu dalam menyimpan dan merawat media penyimpanan masa kini ini.

Berikut tips merawat flashdisk

1. Eject Flashdisk sebelum mencabutnya
Mungkin karena malas atau terburu-buru kalian sampai mengeject flashdishk padahal safety remove pada flashdisk sangatlah penting guna menjaga keutuhan file dalam flashdisk.

2. Jangan terlalu sering memformat flashdisk
Banyak sekali masyarakat di dunia khususnya Indonesia yang masih suka melakukan format flashdisk dengan alasan memudahkan untuk mengkosongkan flashdisk. Padahal kenyataannya, dengan melakukan format flashdisk secara terus menerus bisa menyebabkan berkurangnya umur dari flashdisk itu sendiri. Bukan malah flashdisk menjadi balik menjadi semula, malah membuat flashdisk menjadi cepat rusak.

3. Jangan menjalankan file langsung lewat flashdisk
Jika ingin membuka file di flashdisk entah itu musik, film, dan file lainnya, alangkah baiknya sobat copy dulu file yang ingin dijalankan ke harddisk laptop sobat dan menjalankannya lewat harddisk laptop atau PC.

4. Simpan ditempat yang bersih dan jauh air
Sama halnya dengan sebuah kabel ataupun perangkat lainnya yang apabila terkena air kemungkinan rusak akan sangat besar.

5. Selalu tutup flahdisk ketika tidak digunakan
Jika flashdisk terbuka maka kesempatan debu untuk masuk ke socket falshdisk akan semakin besar. Jika debu sudah masuk ke flashdisk sobat, kemungkinan akan merusak socket flashdisk sobat yang mengakibatkan proses Baca / Tulis flashdisk gagal. Jadi jangan sampai tutup flashdisk hilang.

6. Rajinlah menscan virus di flashdisk
virus memang tidak tampak fisik, namun keberadaan virus sangat dikhawatirkan terutama pada tempat penyimpanan file seperti flashdisk. Setelah mengcopy file entah dari pc lain, warnet, pokoknya pernah terpasang pada komputer lain, alangkah baiknya scan flashdisk untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan seperti virus tersebut.

0 comments: