Tuesday 21 August 2018

Penyebab Laptop Lemot


1. Sistem Operasi Eror
Kita semua mengetahui, laptop atau komputer memiliki dua komponen utama salah satunya software. Dan perangkat lunak yang membuat komputer anda bisa digunakan yaitu perangkat sistem operasi. Kalau ada yang eror, pasti kinerjanya akan berkurang, termasuk juga terasa lelet atau lemot.
2. Permasalahan di Hardisk
Hardisk merupakan salah satu perangkat keras komputer yang vital. Di sinilah semua file perangkat lunak tersimpan. Termasuk juga file installasi sitem operasi dan aplikasi lainnya. Jika terdapat masalah di sini, ototmatis komputer akan lemot.
3. Terlalu Banyak Aplikasi di Startup
Mungkin anda pernah mengalami komputer atau laptop lemot ketika dinyalakan. Bisa jadi faktor penyebabnya adalah dari sini. Yaitu banyaknya aplikasi yang aktif di sistem startup sehingga laptop terlalu berat untuk masuk ke sistem operasi (windows)
4. Sampah Komputer Menumpuk
Setiap kita melakukan perintah di komputer, pada saat itu juga komputer membuat satu file secara otomatis. File – file ini yang sering dinamakan “registry”. Apabila hal ini telah berlangsung cukup lama, kemungkinan tumpukannya cukup banyak dan mengurangi kerja laptop sehingga terasa lemot.
5. Overheating
Penyebab laptop lemot yang berikutnya yaitu Overheating. Hal ini bisa terjadi karena mungkin Fan (kipas) yang terdapat di dalam rusak sehingga tidak bekerja maksimal. Selain itu, terkadang laptop merk tertentu memiliki desain casing yang kurang ventilasi sehingga lebih cepat panas.
6. File Sistem Terlalu Banyak Aplikasi (Software)
Selain membuat hardisk cepat penuh, terlalu banyak aplikasi yang tidak dibutuhkan juga akan membuat laptop menjadi lemot. Karena kapasitas partisi sistem juga pasti akan sempit (penuh). Hal ini cukup berpengaruh terhadap kinerja laptop.
7. Spesifikasi Laptop
Jika anda terbiasa menggunakan laptop dengan procesor core i5 kemudian anda menggunakan laptop cpu dual core pasti akan terasa berbeda. Bisa jadi komputer anda lemot karena memang speknya lama sedangkan anda sudah pernah menggunakan laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari komputer anda.
8. Terinfeksi Virus Komputer
cara mengatasi komputer lemot
Ada juga diantara beberapa Virus komputer yang membuat lemot. Seperti Malware, Virus shortcut, dan lain sejenisnya. Apalagi kalau Virus tersebut sudah terscan oleh antivirus dan langsung menghapus file tersebut. Hal ini akan membuat sitem operasi (windows) corrupt karena kehilangan beberapa file.
Mungkin masih ada lagi penyebab laptop menjadi lemot, namun saya rasa 8 hal diatas ini bisa mewakili persoalan yang kebanyakan dihadapi pengguna laptop tentang kinerjanya yang menurun atau menjadi lemot. Berarti kita bisa menyimpulkan cara perbaiki laptop lemot yaitu dengan menghilangkan atau memperkecil penyebab yang sudah kita sebutkan diatas.

0 comments: