Tuesday 21 August 2018

Cara Mengatasi Laptop Lemot




CARA MENGATASI LAPTOP LEMOT

Berikut ini beberapa solusi praktis yang bisa anda jadikan referensi untuk memperbaiki dan mengatasi laptop anda yang lemot.
1. Uninstall Windows
Memang tidak dapat kita simpulkan secara langsung, apakah laptop kita menjadi lemot karena sistem operasi yang eror atau bukan. Namun, apabila anda mendapati komputer atau laptop anda lemot dengan kemunculan peringatan – peringatan tentang file sistem corrupt bisa jadi kesimpulannya benar. Maka solusi terbaik menurut saya adalah Uninstall Windows.
Solusi lain yang bisa anda terapkan yaitu mengganti sistem operasi yang lebih ringan. Hal ini ditempuh apabila sistem operasi yang update membuat komputer anda terasa lelet atau lemot. Hal ini biasanya terjadi karena dampak dari update secara online yang membuat banyak aplikasi terintall secara otomatis di laptop anda.
2. Mengatasi Laptop Lemot Karena Permasalahan Hardisk
cara mengatasi komputer lemot
Ada berbagai macam permaslahan yang mungkin terjadi pada perangkat keras yang satu ini. Bisa jadi hanya karena penuh, atau juga bahkan memang hardiks sudah menurun kinerjanya atau bahkan rusak. Berikut ini beberapa solusi laptop lemot yang disebabkan karena hardisk bermasalah
  1. Hapus atau backup file – file dengan kapasitas besar di hardik komputer anda,
  2. Tambahkan partisi untuk sistem, lebih banyak dibanding pastisi untuk file
  3. Defragment hardiks
  4. Cek kesehatan hardisk dan mengganti hardisk apabila memang sudah tidak layak untuk digunakan pada sistem. Biasanya ditandai dengan suara “seperti air mendidih di panci”
3. Kurangi Aplikasi Aktif di Startup Windows
Startup merupakan satu sistem yang mengatur beberapa aplikasi (program) komputer ikut akif otomatis bersamaan pada saat kita menyalakan komputer. Terkadang kita lupa untuk menseting sehinnga program – program yang tidak perlu aktif saat komputer nyala masih terdapat di sini. Minimalisir program komputer yang ada di statrup, hanya yang penting – penting saja seperti antivirus komputer.
4. Bersihkan Sampah Komputer
Seperti yang sudah kita jelaskan sedikit diatas, bahwa salah satu kemungkinan penyebab laptop lemot yaitu banyaknya file sampah yang ada di komputer. Mungkin sudah bertahun – tahun tidak pernah kita bersihkan. Coba lakukan clean registry dan file sampah lainya baik dengan menggunkan aplikasi atau langsung dari CMD.
5. Gunakan Kipas Laptop
Cara mengatasi laptop lemot karena Overheating bisa dengan menggunakan Kipas Laptop. Namun hal ini juga perlu kita teliti dan analisa. Mengapa laptop atau komputer bisa Overheating. Padahal di dalamnya sudah terdapat fan dan pendingin yang cukup. Bisa jadi kipas yang ada di dalam rusak atau terkena debu sehingga sistem pendingin tidak berjalan dengan maksimal.
Overheating biasanya terjadi ketika laptop sudah kita gunakan dalam beberapa jam. Kemudian akan terasa panas dan kemudian menjadi lemot. Overheating bisa juga disebabkan karena charger laptop terus terpasang sementara baterai sudah terisi penuh. Maka sebaiknya dilepaskan.
6. Hapus (Uninstall) Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Terlalu banyak aplikasi di dalam sistem komputer juga bisa menyebabkan laptop menjadi lemot. Apalagi program komputer dengan kapasitas besar dan bekerja dengan membutuhkan RAM yang banyak. Ditambah lagi dengan aplikasi – aplikasi yang online internet. Hal ini pasti akan membuat laptop anda lemot.
Solusinya Unistall (hapus) aplikasi yang tidak anda gunakan. Pasang aplikasi (program) komputer yang anda gunakan saja setiap hari. Dengan menghapus aplikasi pada sistem juga akan memperbesar ruang pada sistem sehingga laptop dapat berjalan dengan lancar dan tidak lemot.
7. Gunakan Antivirus Update
Kadangkala, virus komputer juga menyebabkan komputer kita lemot. Hal ini karena mereka menyerang bagian tertentu dari sitem operasi sehingga menjadi corrupt dan kinerjanya kuarang baik. Salah satu cara yang harus dilakukan untuk mengatasi hal ini tidak lain yaitu dengan menginstall antivirus yang update dan dapat digunakan untuk berbagai macam jenis virus. Bila kita memasang antivirus terlalu banyak, justru malah bisa menambah lemot.
8. Upgrade Spesifikasi Laptop Anda
Coba cek spesifikasi laptop anda, apakah laptop anda tergolong “jadul” ? Jika memang demikian adanya, lakukan dulu solusi laptop lemot pada point pertama hingga ke-6. Apabila hasilnya tidak terlalu berpengaruh, berarti memang perangkat keras laptop anda perlu diupgrade. Coba mulai dari Upgrade kapasitas RAM. Atau agar lebih terasa, ganti saja laptop anda dengan yang baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi lagi.

0 comments: