Saturday 1 September 2018

8 Macam Emulator Android Untuk PC



1. Bluestacks

Para pengguna emulator tentunya sudah tak asing dengan Bluestacks bukan? Bluestacks merupakan salah satu emulator Android yang banyak dipakai. Selain ringan dan cepat saat digunakan, Bluestacks juga memiliki tampilan yang menarik. Ditambah lagi dengan kemampuan aplikasi yang multitasking, serta memiliki fitur pengaturan lokasi. Bluestacks dapat didownload oleh pengguna dan digunakan secara gratis. Bluestacks memiliki dua mode penginstallan yang bisa dipilih oleh pengguna, yakni online installer dan offline installer. PC yang digunakan untuk menginstall dan menggunakan Bluestacks, harus memiliki :
  1. RAM minimal sebesar 2 GB.
  2. Kapasitas hardisk kosong minimal 4 GB.
  3. Memiliki sistem operasi minimal Windows Vista ataupun Windows XP.

2. Nox App Player

Adalah Nox App Player, sebuah emulator Android yang ringan saat digunakan. Nox App Player menjadi salah satu emulator yang memiliki tampilan simple, bersih namun menarik. Tak hanya itu, Fitur yang dimilikinya juga beragam dan mudah untuk diakses. Melalui Charm Bar, pengguna dapat lebih mudah mengatur volume, pemilihan lokasi, maupun video record.
Emulator yang cocok untuk bermain game ini, dapat mendukung perangkat input, output, serta gamepad. Nox App Player memungkinkan pengguna untuk memilih atau mengatur resolusi, CPU maupun penggunaan RAM. Emulator ini menggunakan Android versi 4.4.2 KitKat. Fiturnya yang mumpuni juga dilengkapi dengan salah satu kemampuan Nox yang memungkinkan PC dapat ditambahkan aplikasi tanpa harus didownload dari Play Store. Nox App Player dapat diinstall dan digunakan pada PC dengan spesifikasi :
  1. Memiliki sistem operasi minimal Windows XP dan pada sistem operasi yang lebih tinggi seperti Windows 7, Windows 8, Windows 10.
  2. Memiliki prosesor minimal dual core.
  3. Memiliki dukungan OpenGL 2.0.
  4. Memiliki RAM minimal 1,5 GB.
  5. Memiliki kapasitas kosong pada hardisk minimal 1,5 GB.

3. Koplayer

KoPlayer adalah salah satu pemain baru dalam dunia emulator Android untuk PC terbaik. Buat kamu para gamer Android di PC, KoPlayer bisa jadi salah satu pilihan. Emulator ini tentu bisa menjalankan aplikasi Android di PC dan bisa mengubah keyboard kamu menjadi controller untuk beberapa game Android. Proses instal dan penggunaannya sangat mudah, walau masih terdapat beberapa bug.
Kelebihan :
  1. Diperuntukkan untuk kalangan gamer
  2. Dukungan untuk prosesor berbasis Intel dan AMD
  3. Dukungan untuk prosesor berbasis Intel dan AMD
Kekurangan:
  1. Masih terdapat banyak bug

4.Genymotion

Genymotion juga menjadi salah satu emulator Android yang terbaik. Pasalnya Genymotion memiliki kinerja yang ringan dan tidak akan memberatkan kinerja komputer. Selain itu, emulator ini juga dapat bekerja dengan berbagai versi sistem Android, serta berbagai pilihan perangkat. Pilihan perangkat yang dipilih bervariasi mulai dari Samsung S4 hingga Sony Xperia.Kemampuan yang kompatibel pada berbagai pilihan ini, membuat Genymotion sangat cocok bagi para developer aplikasi dalam melakukan pengujian aplikasi yang dibuat. Genymotion juga dilengkapi dengan sensor multitouch dan accelerometer. Emulator Android ini terbagi menjadi versi yang berbayar dan versi yang gratis. Genymotion versi berbayar tentu saja menyajikan kemampuan dan fitur yang premium dan lebih canggih. Namun, genymotion versi gratis juga tidak kalah oke, dengan kinerjanya yang responsif. Spesifikasi PC minimal yang harus dimiliki agar dapat menginstall dan menggunakan Genymotion:
  1. Sistem operasi yang dimiliki adalah Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 serta Windows 10.
  2. RAM minimal 2 GB.
  3. Kapasitas hardisk kosong minimal 1 GB.
  4. Didukung dengan Open GL 2.0 dan fitur virtualisasi yang telah diaktifkan.

5.Andy

Emulator yang masuk menjadi emulator Android terbaik pada urutan ketiga adalah Andy. Emulator Android Andy memiliki fitur Android yang cukup banyak. Selain itu, Andy juga memiliki user interface yang penuh serta ramah pengguna. Kinerja Andy yang responsif didukung dengan fitur multitouch dan sensor tambahan. Emulator ini juga memungkinkan pengguna menjadikan Hp sebagai controller. Fitur ini dapat digunakan dengan memanfaatkan koneksi bluetooth dan wifi. Meskipun begitu, Andy masih memiliki beberapa kekurangan. Untuk dapat menggunakan Andy, PC yang digunakan perlu memiliki RAM 3 GB atau lebih. Prosesor pada PC juga harus dibekali dengan virtualisasi. Selain itu, PC yang dapat menggunakan Andy hanya yang memiliki sistem operasi Windows 7 dan Windows 8.


6. MEmu Emulator APK

MEmu adalah salah satu emulator Android yang sudah mendukung berbagai versi Android, mulai dari Jelly Bean, Kit Kat, dan Lollipop. Salah satu fitur besarnya adalah dukungan pada chipset Intel maupun AMD. Untuk penggunaan normal, MEmu sangat lancar dalam menjalankan kebanyakan aplikasi Android di PC guys.
Kelebihan:
  1. Dukungan prosesor Intel dan AMD
  2. Kemampuan bermain game Android
  3. Ringan dan lancar

7. Amiduos

Pada posisi pertama, ada emulator Amiduos yang merupakan emulator Android PC atau laptop terbaik. Selain ringan dan mudah untuk digunakan, software ini juga menyediakan kemampuan multi-touch dan pinch to zoom. Kedua fitur ini mendukung penggunaan laptop berlayar sentuh. Berbanding lurus dengan kualitas yang dimilikinya, Amiduos tidak dapat diinstal secara cuma-cuma.
Hal ini dikarenakan Amiduos merupakan aplikasi berbayar, sehingga untuk merasakan kualitas emulator ini, pengguna harus membayar dengan jumlah tertentu. Emulator Amidous untuk Android versi Jelly Bean, pengguna dapat merogoh kocek hingga Rp 130.000. Sedangkan, untuk Android versi Lollipop, pengguna dapat membeli software ini dengan harga sekitar Rp 190.000. Ingin mencoba kualitas Amiduos dulu sebelum membayarnya? Amiduos menyediakan fasilitas trial selama 30 hari secara gratis. Untuk dapat menggunakan Amiduos, PC yang digunakan memerlukan persyaratan:
  1. Sistem operasi minimal Windows 7, 32 bit dan 64 bit.
  2. Minimal GPU didukung dengan OpenGL 3.0.
  3. Memiliki fitur virtualisasi yang sudah diaktifkan dengan BIOS.
  4. Memiliki RAM minimal sebesar 2 GB.
  5. Memiliki kapasitas hardisk kosong sebesar 2 GB.
  6. Memiliki dukungan Microsoft .Net framework 4.0.

8. manymo

Manymo bisa jadi salah satu pilihan yang menarik. Manymo tidak mengharuskan kamu mengunduh, karena emulator Android ini bisa digunakan langsung secara online. Sayangnya, Manymo menawarkan opsi pembayaran yang cukup mahal untuk para pengguna personal.
Kelebihan:
  1. Digunakan secara online lewat browser
  2. Tidak menghabiskan ruang penyimpanan PC
Kekurangan:
  1. Opsi pembayaran terlalu mahal

0 comments: