Tuesday 28 August 2018

4 Macam Browser Terbaik



1. Google Chrome


Mungkin anda juga telah mengetahui bahwa Android adalah OS mobile yang dikembangkan dan dimiliki oleh Google, demikian juga Browser Chrome. Nah, tentu pihak Google menginginkan para pengguna Android merasakan kenyamanan dalam berinternet dengan memakai Chrome karena dijamin aplikasi peramban ini sudah kompitabel dengan OS Android. Sehingga hal ini yang menjadikan peramban Chrome merupakan aplikasi pre-instaled yang ada di setiap perangkat berbasis Android yang baru kita beli.
Google Chrome merupakan salah satu peramban favorit saya. Mengapa? Ada beberapa keunggulan yang dihadirkan pada Chrome, misalnya built-in dengan fitur Google Translate dan juga bisa disinkronkan dengan akun Google yang kita miliki, sehingga data Chrome yang ada di komputer desktop akan bisa terbaca atau tersimpan di Chrome versi mobile. Fitur Save Data yang baru-baru ini dihadirkan, ternyata mampu mengurangi setidaknya 50% kuota data saat berselancar. Hal ini mungkin sebagai strategi melawan penetrasi browser Opera dan UC Browser yang menonjolkan kemampuan hemat data.

Keunggulan Google Chrome

Voice Search (Pencarian dengan Suara), Intuitive Gestures, dan Incognito (untuk privacy) adalah beberapa fitur yang dijagokan oleh Google Chrome. Nah, jika anda cari Chrome di Google Play, ada 4 jenis peramban Chrome, yakni versi final, versi beta, versi dev, dan versi canary. Chrome Stable atau versi final/stabil adalah versi yang siap digunakan. Sementara itu, Chrome Dev adalah peramban yang pertama keluar dan ditujukan kepada para developer (pengembang aplikasi). Versi ini dikhususkan untuk anda yang ingin membantu Google dalam mengembangkan browsernya. Chrome Beta adalah versi yang telah melewati tahap versi Dev, dimana bug sudah tidak terlalu banyak. Versi ini dikhususkan bagi anda yang ingin mencoba fitur baru chrome sebelum dirilis versi stablenya. Dan terakhir adalah Chrome Canary yang merupakan versi dini dari sebuah project baru yang ditujukan untuk para developer. Crhome Canary masih belum di uji coba di berbagai perangkat, sehingga bisa saja mengalami crash setiap saat.

2. Mozilla Firefox

Tak dapat diragukan lagi, browser Firexox merupakan salah satu pilihan browser terbaik yang ada saat ini, sejak diluncurkan pada tahun 2004 lalu. Kuat, stabil, ringan, banyak fitur dan benar-benar gratis merupakan kesan yang tercermin dari browser yang berlogo rubah api ini. Dibuat oleh tim developer yang berpengalaman, Firefox dahulu pernah menjadi browser terfavorit dan paling banyak digunakan di desktop dan mobile device, sebelum akhirnya digusur oleh Google Chrome. Bagi saya, peramban yang aslinya bernama Phoenix ini memiliki sejumlah keunggulan, terutama dalam hal perlindungan privacy. Mode private browsing benar-benar membuat aktivitas kita di peramban tersebut terlindungi dan rahasia.

Keunggulan Mozila Firefox

Sama seperti versi desktop, peramban Firefox pada versi mobile juga disediakan beragam add-ons (pengaya) untuk mengoptimalkan fungsi browser tersebut. Untuk menemukan fitur add-ons pada browser ini, silakan tap menu pada bagian pojok kanan (simbol titik 3) >> kemudian tools (alat) >> lalu tap add-ons (pengaya) >> selanjutnya tap pada bagian “browse all firefox add-ons” (telusuri semua pengaya firefox). Anda akan dibawa pada laman addons mozila yang berisi sejumlah aplikasi tambahan untuk peramban Firefox di ponsel Android anda. Beberapa add-ons (pengaya) yang paling sering ditambahkan di firefox antara lain:
  • Adblock Pro  yang berguna untuk memblok iklan pada situs yang anda kunjungi. Namun ini sebenarnya sudah bisa anda lakukan dengan menggunakan tab mode penyamaran (incognito)
  • Black background and white text yang berguna membuat halaman berbalik warna (putih ke hitam), cocok digunakan saat browsing sebelum tidur malam agar mata tetap sejuk.
  • Tap Translate yang berguna untuk menterjemahkan kata-kata pada situs yang anda kunjungi (mirip fitur Goolge Translate pada Chrome)
  • Lock berguna untuk mengunci aplikasi firefox anda dengan password, sehingga tidak bisa dibuka oleh orang yang tak bertanggung jawab.
  • Three Finger Swipe berguna untuk mengontrol peramban dengan menggunakan gesture tiga jari anda, misalnya menggeser tiga jari ke kiri akan membuat Firefox membuka tab sebelumnya. Jika anda menggunakan phablet atau tablet, fitur ini cukup membantu banyak.
  • Theme berguna untuk mengubah tampilan firefox menjadi lebih personal sesuai dengan karakter anda. Ada banyak pilihan tema yang bisa dipilih sesuai selera anda.


3. UC Browser

UC Browser menjadi salah satu penjelajah web yang populer di Google Play Store. Produk aplikasi web ini dibuat oleh UCWeb Inc yang merupakan sebuah perusahaan pengembang aplikasi bermarkas di Guangzhou – China.

Keunggulan UC Browser
Pasar bisnis utamanya adalah lebih menargetkan untuk para pengguna internet di luar kawasan Amerika Serikat. Produk aplikasi buatan UCWeb Inc ini memiliki sejumlah fitur unggulan, seperti fitur blocking iklan, kompresi data, modus malam, dan kontrol gerakan. Ada juga beberapa fitur unik, seperti modus Facebook yang ajaib meningkatkan kecepatan browsing saat mengunjungi akun Facebook anda. Ini benar-benar aplikasi gratis dengan rating 4,5 di Play Store Google yang telah direview lebih dari sebelas juta ulasan hingga saat ini. UC Browser juga tersedia versi mini yang ditujukan bagi perangkat yang memiliki space memory rendah dan kuota internet yang terbatas. UC Browser mendukung flash dan mengontrol volume, kecerahan video dapat dilakukan dengan gerakan (gesture). UC Browser hadir dengan keunggulan download internet cepat dan stabil. Server yang dimiliki UCWeb Inc, dapat mempercepat dan menstabilkan unduhan. Sebagai tambahan, saat terjadi gangguan koneksi, UC Browser akan melanjutkan unduhan dari titik pause.

4. Opera Browser

Keunggulan Opera Browser
Opera ini adalah aplikasi ini dapat menyimpan beberapa tab halaman, sehingga saat kita beralih ke tab sebelumnya, halaman situs yang telah kita kunjungi tidak perlu direload lagi, sehingga hemat paket data dan waktu. Opera Browser saat ini telah ditambahkan fitur tab berita-berita terpopuler, sehingga saat anda membuka aplikasi ini, disediakan kabar atau berita terbaru dari situs-situs populer di negara masing-masing. Nah, dalam penggunaan opera mini, ada sejumlah trik yang bisa diterapkan agar loading internet makin cepat. Diantaranya adalah mengaktifkan fitur turbo atau mengubah Konfigurasi Opera Mini. Ketikkan about:config pada address bar. Kemudian ganti semua pilihan konfigurasi dari Yes menjadi No. Pada menu loading time out, gantilah standarnya dari 30 menjadi 3600. Selanjutnya, Anda tinggal meng-klik save. 

 adanya fitur kalkulator dan permainan sederhana. Fitur kalkulator yang disediakan adalah untuk menghitung operasi bilangan sederhana, seperti penjumlahan, pengurangan, atau pembagian. Caranya cukup mudah, anda tinggal ketik soal hitungan di kotak omnibar (kotak pencarian atau kotak pengetikan url). Misal 6×7= (jangan tekan enter/go), nanti akan muncul saran berupa jawaban 42.Nah, untuk fitur permainan, akan muncul ketika anda browsing lalu jaringan data internet terputus. Saat internet offline, peramban Chrome akan menyajikan halaman puith yang dihiasi gambar seekor dinosaurus dan sebatang pohon kaktus. Ketuklah dinasaurus tersebut, dan dia akan berlari. Ketuk/tap lagi agar melompat ketika mendekati pohon kaktus. Semakin banyak anda bisa melewati pohon kaktus, maka nilai permainan anda semakin tinggi

0 comments: