Monday 20 August 2018

5 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet


1. Cabut Charge Saat Sudah 100%
Penyebab utama cepatnya baterai laptop menjadi bocor adalah kebiasaan lupa mencabut charger saat baterai sudah full. Padahal, membiarkan arus listrik terus mengaliri baterai malah dapat merusak komponen-komponen di dalam baterai. Oleh karena itu, agar baterai laptop tetap awet, hindarilah mengisi daya saat kamu sedang tidur dan bepergian.

2. Hindari Laptop Mati Total
Gara-gara keasyikan nonton film atau main game, kamu seringkali lupa nge-charge laptop hingga akhirnya laptop mati total. Tanpa kamu sadari, kebiasaan membiarkan daya baterai sampai benar-benar habis atau mencapai 0% justru dapat berakibat fatal. Hal ini karena laptop yang tiba-tiba mati saat melakukan pekerjaan dapat mengakibatkan komponen dalam baterai menjadi cepat rusak. Jadi, usahakan untuk segera mengisi daya baterai sebelum daya baterai di bawah 20%

3. Charging Laptop Dalam Keadaan Mati
Kamu harus tau, untuk mengisi daya pada laptop pastinya laptop harus dalam keadaan mati. Hal ini bertujuan supaya daya baterai lebih cepat penuh, beda jika kamu mengisi daya baterai dengan keadaan laptop yang masih menyala dan digunakan terus terusan, maka pengisian baterai akan memakan waktu yang lama.

4. Charge Laptop Kamu Jangan Menunggu Hingga 0%
Saat kamu berniat untuk mengisi daya, dimohon jangan menunggu baterai sampai 0%. Kenapa? Karena alangkah baiknya kamu mulai charge/cas laptop kamu saat daya 20%. Hal ini dilakukan supaya baterai lebih awet dan tidak mudah terjadi kerusakan dikemudian hari.

5.Hapus Aplikasi yang Tidak Pernah Kamu Gunakan
Sebenarnya secara tidak sadar ada banyak aplikasi berjalan walaupun kita tidak pernah menjalankannya. Kamu bisa melihat hal itu, bisa di cek melalui Windows Task Manager. Pada bagian tersebut kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang selalu berjalan di belakang layar. Agar baterau laptop kamu lebih awet dan tidak membebani kinerja CPU, alangkah baiknya jika kamu mematikan atau menghapusnya sekalian aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan.

0 comments: