Thursday 30 August 2018

5 Macam Software Pemutar Audio



1. Winamp
Winamp adalah software pemutar media yang di kembangkan oleh Nullsoft,addons yang bervariasi pada winamp, misal; kemampuan burning cd, skinning, dsp plugin,pemutar video, internet radio dll. 

Winamp merupakan perangkat lunak freeware atau shareware yang dapat memainkan berbagi codec dan tipe audio dan juga dapat dikostumisasi. Winamp pertama diluncurkan oleh Justin Frankel pada tahun 1996. Pengembangan Winamp terkini mendapat pujian dari Ben Allison (benski), Will Fisher, Taber Buhl, Maksim Tyrtyshny, Chris Edwards dan Stephen (Tag) Loomis.

Pada tahun 2005, Winamp berkembang dari 33 juta pemakai bulanan sampai lebih 57 juta pengguna bulanan, menjadikan Winamp yang kedua yang sering digunakan untuk media pemutaran sedunia setelah Windows Media Player.



2. Windows Media Player

Windows Media Player adalah salah satu pemutar audio yang paling terkenal dan paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di dunia. Dan software ini merupakan bawaan default bagi Operating System Windows yang dikembangkan oleh Microsoft. 

Sesuai dengan namanya, Windows Media Player ditugaskan untuk melakukan operasi playback terhadap berkas multimedia digital berformat Windows Media Format (WMA, WMV atau ASF), MPEG Audio Layer 3 (MP3), dan beberapa format multimedia digital lainnya. 

Bagian yang lainnya dari platform Windows Media, adalah Windows Media Services (dulunya dikenal dengan NetShow Server), yang bertugas untuk mengalirkan data multimedia digital dengan menggunakan teknologi multimedia streaming. Bagi anda yang ingin mencoba aplikasi ini, jika anda menggunakan Operating System Windows maka disitu sudah ada disertakan aplikasi bawaannya.

3. AIMP2

adalah aplikasi pemutar audio gratis yang terlihat perpaduan antara Winamp dan Foobar2000. Tampilan freeware ini mirip Winamp, jendela atas tampak tombol-tombol kontrol dan bawah terdapat jendela playlist. Fitur playlist pada aplikasi buatan Rusia ini memiliki kesamaan dengan Foobar2000. Jendela daftar lagu dapat ditambah beberapa tab. Apalagi tiap lagu memliki info bitrate maupun ukuran file mp3. Perlu anda ketahui, Aimp2 mempunyai fitur unik, yaitu Auto Shutdown dan Alarm Clock. Auto Shutdown merupakan fitur Aimp2 untuk mematikan komputer atau laptop sesuai dengan waktu yang anda atur. Cocok buat anda yang sering terlelap saat mendengarkan musik. Alarm Clock berfungsi sebagai alarm dengan memutar lagu. Penggunaan fitur ini mengharuskan komputer anda dalam posisi hidup. Bisa anda gunakan saat tidur siang, memperingatkan janji bersama teman-teman anda di sore hari. 

4. Foobar2000

Foobar2000 adalah software pemutar lagu/mp3/musik yang sangat ringan foobar2000 juga di desain khusus untuk kamu yang suka oprek/design/skinning. software pemutar lagu ini memiliki engine kualitas suara yang sangat bagus seperti winamp namun loading yang lebih ringan dan dapat di modifikasi sesuai dengan keinginan penggunanya, foobar2000 hanya untuk kamu yang tidak membutuhkan banyak addons atau dengan kata lain audio player untuk mutar musik/lagu saja.

5. XMP Player

software audio gratis yang dibuat oleh Ian Luck sejak tahun 2008 hingga kini masih kembangkan. Saya mengetahui aplikasi ini dari Awan Himalaya yang menyatakan pemutar lagu ini sangat simple, ukuran kecil dan yang lebih istimewa lagi ada fitur reverb dan sound effect. Saya pun mengunduhnya untuk membuktikannya. Ternyata ukuran file freeware kembangan Un4seen Developments hanya sebesar 326Kb dalam format zip. Anda tidak perlu menginstal aplikasi ini, cukup ekstrak dan klik 2x XMplay.exe. Selintas tampilan XMplay tidak jauh beda dengan player lain. Saya belum bisa membuktikan kualitas suara yang dihasilkan, karena speaker belum mumpuni. Selain ringan, XMplay memiliki tambahan atau add-ons. Mulain dari Skins, Visuals, Native Input Plug-ins, Winamp Input Plug-ins, DSP Plug-ins, Output Plug-ins, Archive Reader, Tag Editing Plugins, External Encoders, dan lainnya. Silahkan anda eksplorasi kemampuan dari pemutar audio ringan ini melalui situs dukungan XMplay di support.xmplay.com.


0 comments: